Pengertian Softskill itu sendiri
adalah seperangkat hal yang bersifat halus dan meliputi keterampilan psikologis
dan emosional. Kemampuan yang mempengaruhi bagaimana kita berinteraksi dengan
orang lain. Di dalam softskill memuat komunikasi efektif, berpikir kreatif dan
kritis, membangun tim, serta kemampuan lainnya yang terkait kapasitas
kepribadian individu. Tujuan dari pelatihan softskill adalah memberikan kesempatan
kepada individu untuk mempelajari perilaku baru dan meningkatkan hubungan antar
pribadi dengan orang lain. Softskill memiliki banyak manfaat, misalnya
pengembangan karir serta etika profesional. Dari sisi organisasional, softskill
memberikan dampak terhadap kualitas manajemen secara total, efektivitas institusional
dan sinergi inovasi.
Dan manfaat mempelajari softskill
bagi saya sendiri pun sangat bermafaat sekali. Setelah saya mendapat mata
kuliah softskill ini saya dapat belajar mengenai penggunaan blog dan materi
yang diberikan dosen softskill baik dalam bentuk tugas maupun tulisan. Softskill
juga mengajarkan saya agar bisa lebih kreatif
dan tidak gagap teknologi. Keuntungan mempelajari softskill bagi saya
adalah untuk membekali diri dari kebutuhan dasar skill dan kebutuhan agar mampu
mengatasi masalah, kratifitas, problem solfing, menambah nilai plus diri untuk
persiapan kerja nanti, dan masih banyak lagi untuk kebutuhan dasar.
Mengenai Perkuliahan SoftSkill
Perkuliahan
soft skill adalah perkuliahan yang mengedepankan komunikasi dan sikap sedangkan
hard skill adalah perkuliahan yang mengusung kompetensi sesuai bidang yang
digeluti masing-masing mahasiswa/i.
Soft
skill disini berarti mengarahkan dan memperkokoh pondasi sikap positif kepada
para mahasiswa/i agar menjadi manusia yang berkepribadiaan mulia untuk
menunjang keahlian sesuai bidangnya. Sehingga para mahasiswa mampu menjalankan
Tri Darma Perguruan Tinggi, yaitu : Pendidikan & Pengajaran, Penelitian,
serta Pengabdian kepada masyarakat.
Bertatap
muka dalam perkuliahan soft skill antara dosen dan mahasiswa/i adalah sebulan 1
kali. Dan lebih diwajibkan untuk memanfaatkan aplikasi internet seperti blog
atau web. Tugas ataupun tulisan yang diupload ke studentsite (account pribadi dari pihak universitas
untuk kepentingan yang bersangkutan dengan perkuliahan) dan secara langsung
akan terdaftar pada porto folio masinng-masing mahasiswa.
Saat ini mahasiswa tidak hanya dituntut akan hardskill mereka, tetapi juga softskill mereka. Hal ini dimaksudkan agar kelak mahasiswa juga dapat memecahkan permasalahan sosial yang ada di masyarakat. Oleh sebab itu, kini banyak perguruan tinggi yang mencantumkan mata kuliah softskill kepada mahasiswa di semua jurusan. Adapun langkah-langkah dalam menyusun tugas softskill yang akan diposting di sebuah web-blog adalah sebagai berikut:
1. Membuat Blog
Bagi yang belum punya blog, langsung bikin aja blog anda di blogspot ini, gratis dan gampang. Ikuti aja langkah-langkah bikin blognya.
www.blogger.com/signup.g
2. Membuat Tulisan/Tugas di Blog
Tulisan berbeda dengan tugas. Tulisan bersifat bebas, bisa puisi, cerpen, lirik lagu, bahkan curhatan anda sekalipun bisa anda masukkan sebagai tulisan. Sedangkan tugas tidak bersifat bebas. Tema dari tugas ditentukan oleh dosen masing-masing, dan banyaknya tugas yang harus di posting juga tergantung dari permintaan Dosen anda masing-masing.
Lanjutan dari yang tadi, setelah selesai membuat Blog, masuk ke blog anda lalu buat Entri Baru.
Klik "ENTRI BARU"
Setelah itu akan muncul webpage seperti dibawah ini, Masukkan judul dan isi tulisan/tugas anda.
Anda juga bisa memasukkan Gambar, Video, maupun Link. Semuanya lengkap tepat berada di bagian bawah Judul. Jika sudah selesai klik "TERBITKAN ENTRI"
3. Posting Tulisan di Studentsite
setelah sudah selesai membuat tugas atau tulisan di blog, saatnya anda mempostingnya melalui Studentsite. pertama, masuk ke studentsite anda lalu pilih menu "Tulisan" Setelah itu akan muncul web page
1.masukkan Judul tulisan yang anda buat
Contoh : Cara Posting Tulisan & Tugas
2. masukkan alamat URL dari tulisan yang anda buat tadi.
Contoh : http://catatan-syam.blogspot.com/2010/11/cara-posting-tulisan-tugas.html
Hal yang penting adalah Masukkan alamat URL yang akurat, langsung menuju tulisan yang anda buat. Jangan sampai URL yang anda masukkan nyasar atau masuk ke halaman web kosong. Disarankan untuk mengcopy langsung alamat URL dari tulisan yang anda buat, lalu pastekan ke kolom URL yang ada di studentsite. Disarankan untuk tidak memasukkan alamat URL dengan menulisnya secara manual.
3. Setelah semuanya selesai klik submit
Tepat diatasnya dapat anda lihat tulisan-tulisan yang telah anda posting.
4. Posting Tugas di Studentsite
Caranya hampir sama dengan posting tulisan. Pertama-tama pilih menu Tugas
Setelah itu akan muncul web-page seperti di bawah ini.
Masukkan judul tugas anda, sesuai dengan yang diminta oleh dosen. Masukkan alamat URL dari tugas yang anda buat lalu masukkan Mata Kuliahnya. Setelah semuanya selesai tinggal klik "Submit"
Tepat diatasnya dapat anda lihat tugas-tugas yang telah anda posting.
5. Mengecek Tugas & Tulisan
Sangat penting untuk mengecek apakah tulisan & tugas yang anda buat sudah masuk atau tidak. Caranya adalah dengan membuka webpage : (NPM ANDA).student.gundarma.ac.id
Bagi yang belum punya blog, langsung bikin aja blog anda di blogspot ini, gratis dan gampang. Ikuti aja langkah-langkah bikin blognya.
www.blogger.com/signup.g
2. Membuat Tulisan/Tugas di Blog
Tulisan berbeda dengan tugas. Tulisan bersifat bebas, bisa puisi, cerpen, lirik lagu, bahkan curhatan anda sekalipun bisa anda masukkan sebagai tulisan. Sedangkan tugas tidak bersifat bebas. Tema dari tugas ditentukan oleh dosen masing-masing, dan banyaknya tugas yang harus di posting juga tergantung dari permintaan Dosen anda masing-masing.
Lanjutan dari yang tadi, setelah selesai membuat Blog, masuk ke blog anda lalu buat Entri Baru.
Klik "ENTRI BARU"
Setelah itu akan muncul webpage seperti dibawah ini, Masukkan judul dan isi tulisan/tugas anda.
Anda juga bisa memasukkan Gambar, Video, maupun Link. Semuanya lengkap tepat berada di bagian bawah Judul. Jika sudah selesai klik "TERBITKAN ENTRI"
3. Posting Tulisan di Studentsite
setelah sudah selesai membuat tugas atau tulisan di blog, saatnya anda mempostingnya melalui Studentsite. pertama, masuk ke studentsite anda lalu pilih menu "Tulisan" Setelah itu akan muncul web page
1.masukkan Judul tulisan yang anda buat
Contoh : Cara Posting Tulisan & Tugas
2. masukkan alamat URL dari tulisan yang anda buat tadi.
Contoh : http://catatan-syam.blogspot.com/2010/11/cara-posting-tulisan-tugas.html
Hal yang penting adalah Masukkan alamat URL yang akurat, langsung menuju tulisan yang anda buat. Jangan sampai URL yang anda masukkan nyasar atau masuk ke halaman web kosong. Disarankan untuk mengcopy langsung alamat URL dari tulisan yang anda buat, lalu pastekan ke kolom URL yang ada di studentsite. Disarankan untuk tidak memasukkan alamat URL dengan menulisnya secara manual.
3. Setelah semuanya selesai klik submit
Tepat diatasnya dapat anda lihat tulisan-tulisan yang telah anda posting.
4. Posting Tugas di Studentsite
Caranya hampir sama dengan posting tulisan. Pertama-tama pilih menu Tugas
Setelah itu akan muncul web-page seperti di bawah ini.
Masukkan judul tugas anda, sesuai dengan yang diminta oleh dosen. Masukkan alamat URL dari tugas yang anda buat lalu masukkan Mata Kuliahnya. Setelah semuanya selesai tinggal klik "Submit"
Tepat diatasnya dapat anda lihat tugas-tugas yang telah anda posting.
5. Mengecek Tugas & Tulisan
Sangat penting untuk mengecek apakah tulisan & tugas yang anda buat sudah masuk atau tidak. Caranya adalah dengan membuka webpage : (NPM ANDA).student.gundarma.ac.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar